Lokasi SMK NEGERI 2 KENDAL

 

Lingkup Pendidikan SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

 

Tujuan yang ingin dicapai Setelah peserta didik melakukan diskusi tentang apresiasi terhadap karya seni ornamen nusantara, melalui pembelajaran  Problem Based Learning dan pendekatan saintifik, maka peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam pembelajaran apresiasi terhadap karya seni rupa.
Penulis ELSA LUTHFIA AHMAD, S. Sn.

 

Tanggal 17 Januari 2023

 

Situasi :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah?

Kurangnya minat peserta didik dalam mengapresiasi karya seni rupa nusantara serta kurangnya inisiatif peserta didik dalam mencari informasi terkait seni rupa nusantara. Kurangnya minat baca peserta didik dalam menganalisis unsur-unsur yang membentuk karya seni rupa nusantara. Kurangnya media apresiasi seni di lingkungan sekolah Kurangnya pengetahuan peserta didik terhadap langkah-langkah/ alur membuat karya seni dengan benar. Metode pembelajaran masih berpusat pada guru. Metode pembelajaran kurang inovatif dan aplikatif. Budaya di Kabupaten Kendal yang mayoritas orang tua terutama para ibu yang bekerja di luar negeri, serta orang tua yang terlalu sibuk dengan kegiatannya sendiri dan kurang memperhatikan perkembangan peserta didik. Alokasi waktu yang tidak mencukupi ketika menggunakan model pembelajaran yang dipilih dalam penyampaian materi apresiasi unsur-unsur rupa. Pembelajaran yang disampaikan guru masih berbasis LOTS. Peserta didik kurang percaya diri dalam menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam karya seni rupa. Peserta didik kurang dapat memanfaatkan handphone dan internet di sekolah dalam pembelajaran. Peserta didik cenderung lebih tertarik menggunakan handphone untuk game. Peserta didik kurang mendapat revensi atau contoh-contoh dalam berkarya seni rupa.

 

Berdasarkan hasil literatur, hasil literatur penyebab masalah serta hasil wawancara tentang masalah dengan pakar dapat disimpulkan, analisis eksplorasi penyebab masalah. Rendahnya motivasi peserta didik  dalam belajar seni khususnya seni rupa. Minat baca peserta didik terhadap materi pembelajaran rendah. Metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang variatif sehingga kurang menarik. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang efektif.

 

Alasan menentukan analisis eksplorasi penyebab masalah:

Kurangnya motivasi oleh guru kepada peserta didik pada proses pembelajaran seni budaya khususnya seni rupa.

Alasanya :

Kurangnya aktivitas motivasi yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik pada saat pembelajaran seni budaya.

 

Kurangnya reverensi peserta didik dalam berkarya seni rupa sehingga, peserta didik kurang memanfaatkan fasilitas internet dalam pembelajaran.

Alasanya :

Kurangnya kegiatan pembiasaan untuk memunculkan ide peserta didik dalam berkarya seni rupa.

 

Metode dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik.

Alasanya :

Metode dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran seni budaya berpusat pada guru sehingga peserta didik jenuh dan kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran.

 

Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang efektif.

Alasanya :

Guru kurang menguasai dan memahami cara penggunaan media pembelajaran yang sebenarnya dibutuhkan dalam pembelajaran. Guru masih menggunakan metode lama dalam menyampaikan materi di kelas.

 

Berdasarkan literatur hasil eksplorasi penyebab masalah dan analisis eksplorasi masalah serta hasil wawancara tentang  masalah peserta didik kurang percaya diri dalam menuangkan ide dan kreatifitasnya pada aktivitas menggambar dari :

Rendahnya motivasi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Peserta didik masih beraganggapan bahwa pengembangan bakat di bidang seni hanya sebagai hobi dan ajang main-main saja.

Alasan  pemilihan penyebab masalah :

Kurangnya pembiasaan aktivitas pengembangan seni di sekolah.

Metode dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang inetraktif dan inovatif.

Alasanya :

Metode dan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran masih bersifat teacher center.

 

Media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang inovatif dan kurang mendukung dalam pencapaian tujuan ketrampilan abad 21.

Alasanya :

Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi ragam gerak tari masih kurang interaktif dan inovatif.

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?

Untuk menunjukkan praktik baik yang sudah dilakukan, berbagi pengalaman kepada orang lain, memotivasi guru yang lain untuk memunculkan inovasi pembelajaran yang terbaik dan menarik bagi perta didik, sehingga guru dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan profesional dalam melaksanakan tugas pokok serta fungsi sebagai fasilitator bagi peserta didik.

 

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Peran saya sebagai guru, saya bertanggung jawab dalam menyusun rancangan perangkat RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD, evaluasi, serta melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan perangkat pembelajaran. RPP yang saya buat telah memuat tujuan pembelajaran yang setiap langkah-langkah (sintak) telah direncanakan dengan baik dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik sehingga dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Guru harus siap dengan kondisi lingkungan seperti pemanfaatan sarana dan prasarana yang belum memadai, peserta didik itu sendiri yang belum terbiasa, pengalaman guru yang terbatas, guru kurang terbiasa menggunakan tehnologi dalam pembelajaran.

Siapa saja yang terlibat?

Guru, rekan, kepala sekolah dan siswa.

·         Guru, dalam hal ini guru harus benar benar mampu memahami apa yang sebenarya menjadi tujuan pembelajaran tersebut sehingga dalam melaksanakan aksinya guru dapat membuat rancangan pembelajaran yang tepat dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

·         Rekan, rekan guru juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena rekan guru adalah tempat kita untuk saling berbagi pengalaman ketika menjalankan tugas mengajar sehingga kita dapat saling mencari solusi atas masalah-masalah yang kita temui dalam KBM.

·         Kepala Sekolah menjadi penanggung jawab serta panutan guru dalam lembaga, apabila kita mengalami kebuntuan dalam memecahkan masalah. Kepala sekolah  menjadi sosok yang berlaku bijaknya dalam memberikan solusi-solusi yang bersifat institusi.

·         Peserta didik harus benar benar dapat dipersiapkan untuk berperan aktif dalam proses KBM, peserta didik harus aktif dalam berliterasi baik literasi materi pembelajaran maupun literasi digital sebagai penunjang pembelajaran abad 21.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Program yang akan saya lakukan yang pertama berkoordinasi dengan kepala sekolah, wawancara, kajian literatur, merumuskan solusi dengan cara membuat rancangan pembelajaran dalam hal ini RPP lengkap dengan materi yang diajarkan, media pembelajaran yang digunakan, membuat LKPD serta rubrik penilaian yang akan digunakan. Melaksanakan aksi nyata satu dan aksi nyata dua.

 

Strategi apa yang digunakan?

·         Kegiatan pembelajaran ini, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumya saya menggunakan  model pembelajaran Problem Based Learning dengan langkah langkah pembelajaran yang urut sesuai sintak dari model pembelajaran tersebut.

·         Menyajikan materi melalui PPT online dan video pembelajaran yang sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran yan akan dicapai.

·         Menyusun LKPD yang sesuai dengan materi yang diajarkan untuk dikerjakan peserta didik secara berkelompok.

·         Memanfaatkan T-PACK seperti aplikasi mentimeter dalam memantik ide peserta didik dalam memulai pembelajaran.

·         Melakukan penilaian sesuai dengan sistem dan rubrik penilaian yang sesuai dengan sistem penilaian yang ada di RPP.

 

Bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat?

Langkah-langkah yang saya lakukan dalam aksi ini adalah:

Menyiapkan segala sesuatu kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan aksi, yaitu mengkondisikan peserta didik dalam hal kesiapan untuk melaksanakan proses pembelajaran, menyiapkan  materi bahan ajar, menyiapkan media pembelajaran yang akan saya gunakan, menyiapkan LKPD yang harus dikerjakan peserta didik, sistem penilaian yang akan saya pakai dalam evaluasi, menyusun refleksi bagi peserta didik serta menginformasikan kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

 

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah :

·         Guru, melaksanakan kegiatan aksi yang sesuai dengan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) yang telah disusun sebelumya.

·         Teman sejawat, membantu menyiapkan alat dan media yang akan saya gunakan  dalam proses pembelajaran, yang meliputi LCD dan peralatan audio pembelajaran.

·         Tim sinematik, membantu mendokumentasikan dalam bentuk gambar maupun video serta dalam proses editing selama saya melaksanakan praktik pembelajaran di kelas.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

·         Alat dan bahan yang saya gunakan meliputi: laptop, LCD proyektor, microphone, handphone.

·         Saya membutuhkan paket data internet untuk melakukan kegiatan praktik pembelajaran sit in.

·         Waktu yang saya butuhkan untuk melaksanakan rencana aksi berjalan dengan lancar karena sudah direncanakan sebelumya.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari aksi yang saya lakukan, Tujuan pembelajaran Papat terlaksana dengan baik. peserta didik merasa senang dan termotivasi dalam belajar seni budaya khususnya seni rupa. Peserta dapat memahami tujuan dari aktivitas yang mereka lakukan dalam pembelajaran serta manfaat bagi peserta didik. Peserta didik dapat berperan aktif dan terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran dengan senang yang dapat memunculkan ide peserta didik dalam berkarya.

 

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa?

Hasil dari pembelajaran yang saya lakukan sangat efektif, berdasarkan refleksi hasil belajar dan  kesan-kesan peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran, saya mendapatkan semangat belajar dari peserta didik yang lebih meningkat. Peserta didik lebih memahami materi yang disampaikan melalui media pembelajaran yang menarik melalui video yang dapat diakses di youtube, peserta didik mengharapkan sistem pembelajaran untuk mapel-mapel yang lain untuk menrapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan sama seperti pelajaran seni budaya.

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Respon orang lain terhadap strategi pembelajaran yang saya lakukan sangat positif, materi ajar sangat mudah diterima oleh peserta didik, peserta didik dapat belajar tanpa beban dan menyenangkan, peserta didik selama proses pembelajaran merasa senang sehingga dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan.

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Faktor yang menjadi keberhasilan dari strategi yang saya lakukan adalah dalam melaksanakan proses pembelajaran, sebelumya harus membuat perencanaan yang matang mengenai model-model pembelajaran, strategi,  alat, media dan bahan evaluasi yang akan digunakan dalam kegiatan aksi, sehingga apabila rencana yang matang ini dilaksanakan dengan benar maka niscaya tujuan pembelajaran akan tercapai.

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Tujuan dari perencanaan pembelajaran dan keseluruhan proses ini dapat terlaksananya pembelajaran yang terstruktur dengan matang dan dilaksanakan dengan benar serta dapat dipertanggung jawabkan.

Download Dokumen

You May Also Like

Alternatif Aplikasi Perekam Layar untuk Membuat Video Pembelajaran

Sesudah timbulnya wabah Covid- 19 di belahan bumi, sistem pembelajaran juga mulai…

Tips dan Trik mengerjakan ujian PPPK 2021

Berikut tips dan trik mengerjakan ujian PPPK 2021 : 1. Pada soal…

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Rahasia Ulama dalam Mendidik Anak

Para ulama memiliki rahasia dalam mendidik anak-anak mereka : ١. ﺍﻻﻡ ﻓﻲ…