PENERAPAN BUDAYA 5 S PADA PESERTA DIDIK SMKN 1 KENDAL

OLEH : SITI WAKHIDAH

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan akan diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Dalam linkungan sekolah budaya adalah nilai-nilai, keyakinan-keyakinan, dan kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan di sekolah. Salah satu nilai-nilai yang ada di SMKN 1 Kendal adalah diterapkannya nilai-nilai pendidikan karakter. Pendidikan karaker adalah bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukan bagi peserta didik.

Manfaat pendidikan karakter sangat banyak dan besar bagi kehidupan bangsa dan negara karena perannya sangat penting dalam pembentukan karakter warga negara berdasarkan nilai-nilai etika dan budaya bangsa. Agar peserta didik tidak lupa jati dirinya sebagai warga negara yang baik, maka diberikan pendidikan karakter karena dapat menjadikan individu yang maju, mandiri, dan kokoh dalam menggenggam prinsip. Selain itu, pendidikan karakter juga dapat menumbuhkan tanggung jawab peserta didik pada pribadinya masing-masing seperti karir kejujuran, perencanaan dan komitmen, pengembangan kepemimpinan, dan pembangun iman. Sekolah menerapkan program Penerapan Budaya 5 S untuk meningkatkan nilai karakter pada peserta didik. Penerapan Budaya 5 S tersebut diantaranya adalah Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun.

Senyum, adalah gerak tawa tanpa suara yang tercermin dari bibir yang mengembang sedikit. Senyum adalah ibadah, karena saat kita senyum menggambarkan perasaan yang sedang berbahagia sehingga tersebar aura yang positif dari orang yang melakukannya. Peserta didik diajarkan untuk memulai hari nya di sekolah dengan senyum ketika berpapasan dengan teman nya atau guru sehingga mengajarkan mereka untuk menebarkan aura positif dalam menjalankan aktivitas selama di sekolah.

Salam, adalah suatu pernyataan hormat atas kehadiran orang lain sebagai bentuk perhatian kita kepada orang tersebut. Peserta didik diajarkan untuk mengucapkan salam atau menjawab salam dari orang lain untuk menumbuhkan rasa hormat kepada gurunya.

Sapa, adalah kata-kata untuk menegur seseorang secara ramah sehingga membuat suasana akrab dan hangat. Peserta didik diajarkan untuk menyapa orang yang sedang berpapasan dengan mereka agar menumbuhkan rasa hormat mereka dengan orang lain.

Sopan, adalah rasa hormat yang dilakukan untuk orang lain. Hal tersebut akan menumbuhkan rasa saling menghormati satu sama lain. Peserta didik yang berkarakter dan memiliki etika akan mampu bersikap sopan terhadap siapapun dan dimanapun.

Santun, adalah bagaimana kita bertingkah laku yang halus, rasa belas kasih, dan suka menolong kepada orang lain. Dengan cara gerak tindakan dan ucapan yang sesuai akan membuat peserta didik terbiasa bertingkah laku yang santun terhadap orang lain.

Penerapan budaya 5 S diharapkan menjadi budaya karakter dan mampu menumbuhkan nilai karakter dalam proses pembelajaran di SMKN 1 Kendal. Penerapan budaya tersebut yang nantinya akan berguna bagi peserta didik SMKN 1 Kendal untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

You May Also Like

Alternatif Aplikasi Perekam Layar untuk Membuat Video Pembelajaran

Sesudah timbulnya wabah Covid- 19 di belahan bumi, sistem pembelajaran juga mulai…

Tips dan Trik mengerjakan ujian PPPK 2021

Berikut tips dan trik mengerjakan ujian PPPK 2021 : 1. Pada soal…

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Rahasia Ulama dalam Mendidik Anak

Para ulama memiliki rahasia dalam mendidik anak-anak mereka : ١. ﺍﻻﻡ ﻓﻲ…