Lokasi SMKN 1 Kendal
Lingkup Pendidikan SMK
Tujuan yang ingin dicapai Meningkatkan motivasi belajar dalam keterampilan writing dan speaking siswa  dengan materi teks prosedur manual melalui metode pembelajaran Problem Based Learning.

 

Penulis Khusnul Khotimah, S.Pd.
Tanggal 31 Agustus 2022
Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah:

 

·      Semangat belajar Bahasa Inggris siswa yang masih rendah.

·      Siswa masih menganggap pelajaran Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang susah.

·      Siswa tidak mau bertanya dan memberikan ide / pendapat.

·      Siswa tidak fokus dan belum serius dalam belajar.

·      Guru belum mengoptimalkan model pembelajaran yang Inovatif sesuai dengan karakteristik materi.

·      Guru kurang memiliki kemampuan dalam  penggunaan teknologi dalam pembelajaran

 

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan ?

 

·      Pembelajaran ini sangat berperan penting dalam kehidupan sehari – hari siswa, bagaimana  cara siswa menggunakan, mengoperasikan, memperbaiki peralatan yang mereka gunakan.

·      Berbagi ilmu, saling sharing pengetahuan dalam pembelajaran dengan sesama guru mata pelajaran di sekolah.

·      Guru lebih termotivasi dan mempunyai pengalaman dan metode pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif.

·      Dengan pembelajaran yang lebih menarik dan inovatif demikian akan bisa lebih memotivasi siswa dalam pembelajaran.

 

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah membuat rancangan perangkat pembelajaran, bahan ajar, media, LKPD, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran yang lebih kreatif, menarik, menyenangkan dan inovatif. Kualitas guru dengan cara pengembangan diri, guru tetap mau belajar dan menciptakan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, mengajak siswa untuk mampu berfikir kritis, mampu berkolaborasi, berdiskusi mencari solusi terhadap permasalahan yang ada, maka perlu diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning.

 

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

a.  Siswa

·         Siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan menganggap sebagai pelajaran yang susah.

·         Siswa kurang menguasai kosakata dalam Bahasa Inggris.

·         Siswa kurang terbiasa dengan pembelajaran mengoperasikan alat manual karena basic / dasar jurusan adalah akutansi yang selalu praktik melakukan penghitungan angka setiap harinya.

b.  Guru

·      Kurang mahirnya guru dalam penggunaan IT.

·      Guru kurang inovatif dan kreatif dalam pembelajaran.

·      Pembelajaran masih berpusat pada guru.

·      Guru masih monoton.

c.  Sarana dan Prasarana

·      Sarana prasarana kurang memadai.

·      LCD kelas mati, maka harus pindah di kelas lain.Wfi tidak kuat akibatnya sinyal tidak stabil.

·      Kondisi ruang kelas berada di dekat pinggir jalan raya, maka suara bising kendaraan sering terdengar, dan menjadikan konsentrasi siswa buyar dan kurang fokus dalam pembelajran.

 

Siapa saja yang terlibat?

 

Semua terlibat dalam pencapaian tujuan pembelajaran mulai dari guru, rekan sejawat, kepala sekolah, dan siswa.

 

Guru

Guru yang bersangkutan yang mengajar di kelas, dan melakukan pembelajaran sesuai dengan perangkat ajar yang telah dibuat sesuai dengan metode, dan urutan sintak yang di gunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

Rekan

Rekan guru yang telah membantu pelaksanaan PPL 1 dengan memberi motivasi dan semangat untuk kelancaran kegiatan.

 

Kepala Sekolah

Kepala sekolah sangat mendukung dan memberi motivasi terhadap guru untuk melaksanakan  program PPG.

 

Siswa

Siswa yang menjadi target pencapaian tujuan pembelajaran sangat diharapkan keaktifannya, kerjasamanya, dan perannya. Siswa diajak berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi, berdiskusi mengungkapkan pendapat untuk mencari solusi berdasarkan masalah yang ada dalam kelompoknya dan mempresentasikan hasil kerjanya secara berkelompok.

 

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

 

Berdasarkan berbagai masalah yang dihadapi di atas, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah, guru:

·      Memilih metode dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan, dan pembelajaran dapat terpusatkan ke siswa.

·      Menggunakan model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning ).

·      Memilih media pembelajaran yang tepat.

·      Melibatkan siswa dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

·      Meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan TIK.

·      Guru harus mau belajar dan mengikuti pelatihan – pelatihan mandiri untuk  mengembangkan diri terkait model – model pembelajaran inovatif dan mengaplikasikannya di dalam kelas.

 

Strategi apa yang digunakan ?

 

Adapun strategi pembelajaran yang akan dilaksanakan menggunakan :

Pendekatan : Scientific approach

Metode       : Tanya jawab, diskusi, dan presentasi

Model         : Problem Based Learning (PBL)

 

Siswa diminta bekerja secara berkelompok untuk berdiskusi memecahkan masalah, mencari solusi masalah berdasrkan masalah karena pembelajaran menggunakan model PBL, yang menggiring siswa berkolaborasi, bekerja sama dengan temannya untuk satu tujuan pembelajaran dan menghasilkan karya yang akan dipresentasikan secara kelompok.

Adapun Media Pembelajaran yang digunakan :

·      Video pembelajaran / video tutorial

·      LKPD ( Ditayangkan pada layar proyektor dan diprint dan dibagikan tiap kelompok untuk panduan siswa mengerjakan aktifitas dan mempresentasikan secara berkelompok ).

·      PPT ( Materi yang ditayangkan dari laptop guru tentang materi yang dipelajari lewat media power point).

·      LCD Proyektor ( membantu mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang dipelajari ).

·      Laptop ( alat bantu guru dalam menyampaikan materi )

·      Speaker ( alat bantu suara untuk mempertajam suara dalam pemutaran video pembelajaran )

·      Penilaian ( dalam penilaian untuk PPL 1 yaitu dengan menilai writing dan speaking).

Sumber :

Cahyani Wuri Utami dan Dewi Novitasari. The 21st Century English for SMK XI.

Nurhasanah dan Basir, Makhrukh. Buku Bahasa Inggris SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI ( Buku guru dan buku siswa ). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi PPT tentang Procedure Text

LKPD tentang Procedure Text

Jurnal penelitian

Video pembelajaran

 

Sumber dari internet:

https://www.youtube.com/watch?v=Tx0ntUobTu8&t=89s

https://www.youtube.com/watch?v=f1aYcerDToI&t=5s

https://www.youtube.com/watch?v=fI1XbAGpksg

 

 

Bagaimana prosesnya?

 

Langkah – langkah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pelaksanaan pembelajaran model Problem Based Learning dengan sintak:

1. Persiapan/orientasi

·      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dengan menyuruh salah satu siswa memimpin doa dan guru mengecek kehadiran siswa.

·      Siswa menjawab salam, berdoa, dan merespon panggilan guru saat cek kehadiran.

2. Apersepsi dan Motivasi

·      Guru memberi apersepsi tentang materi yang akan dipelajari, memberi tahu pentingnya Bahasa Inggris dengan menunjukkan gambar teks prosedur pada layar LCD, menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa mendengarkan penjelasan guru berkaitan dengan materi yang akan dipelajari, mendengarkan manfaat dari materi tersebut, mendengarkan penjelasan guru terkait tujuan yang akan dicapai.

3. Orientasi siswa kepada masalah

·      Guru menampilkan beberapa slide gambar berkaitan dengan materi, memberikan pertanyaan stimulus berkaitan dengan teks prosedur pada slide gambar yang ditunjukkan.

·      Siswa mengamati slide gambar berkaitan dengan materi, menjawab pertantaan guru terkait materi yang diajarkan.

4. Mengorganisasikan siswa

·      Guru membagi siswa dalam kelompok, memberikan lembar LKPD terkait teks prosedur dan meminta siswa untuk memahami dan menjawab pertanyaan.

·      Siswa membentuk kelompok, berdiskusi untuk memahami informasi dari teks prosedur yang di tunjukkan oleh guru.

5. Membimbing penyelidikan individu dan kelompok

·      Guru membimbing dan memantau keterlibatan siswa dalam mengumpulkan data selama proses penyelidikan.

·      Siswa mengumpulkan informasi data tentang teks prosedur dan cara menyusunnya serta penggunaannya.

6. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya.

·      Guru membimbing dan memantau ketelibatan siswa dalam menyajikan hasil karya dalam benuk presentasi kelompok.

·      Siswa bersama kelompoknya melakukan presentasi hasil diskusi.

7. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

·      Guru memberi kesempatan pada kelompok lain untuk bertanya dan memberi tanggapan terhadap presentasi kelompok lain, guru memberi umpan balik terhadap presentasi kelompok yang maju.

·      Siswa memberikan pertanyaan dan tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok lain, menerima umpan balik dan revisi dari guru.

 

8. Evaluasi dan rencana tindak lanjut

·      Guru dan siswa bersama – sama menyimpulkan pembelajaran, guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa, mengucapkan salam penutup untuk mengakhiri pembelajaran.

·      Siswa dan guru membuat kesimpulan pembelajaran, berdoa bersama – sama, menjawab salam dari guru di akhir pembelajaran.

 

Siapa saja yang terlibat?

Semua terlibat dalam pencapaian tujuan pembelajaran mulai dari guru, siswa, rekan sejawat, dan bahkan kepala sekolah.

 

Guru

Guru yang bersangkutan yang mengajar di kelas, dan melakukan pembelajaran sesuai dengan perangkat ajar yang telah dibuat sesuai dengan metode, dan urutan sintak yang di gunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

Rekan ( kameraman )

Rekan guru yang telah membantu pelaksanaan PPL 1 dengan segala peralatan yang dieprsiapkan seperti hp, tripot, laptop, web cam, kabel, dan juga membantu mengambil video pembelajaran sampai selesai.

 

Siswa

Siswa yang menjadi target pencapaian tujuan pembelajaran sangat diharapkan keaktifannya, kerjasamanya, dan perannya. Siswa diajak berfikir kritis, kreatif, berkolaborasi, berdiskusi mengungkapkan pendapat untuk mencari solusi berdasarkan masalah yang ada dalam kelompoknya dan mempresentasikan hasil kerjanya secara berkelompok.

 

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

Sumber daya atau materi  yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah:

·      RPP

·      Media belajar yang menarik

·      LKPD

·      Bahan ajar

·      Rubrik penilaian

·      Alat dan bahan yang mendukung terlaksananya strategi ini.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Perubahan yang terjadi pada siswa setelah pembelajaran  dilaksanakan :

·      Keterampilan siswa dalam menulis dan berbicara lebih meningkat.

·      Tahapan sintak dalam kegiatan dilakukan secara berurutan akan membantu mempermudah siswa dalam pembelajaran.

·      Keaktifan siswa dalam kelompok lebih kelihatan dan siswa lebih terarah.

·      Siswa mampu mempresentasikan hasil karya kelompoknya dengan bagus.

·      Metode PBL mengarahkan siswa lebih aktif dalam bekerjasama, berkolaborasi, mencari solusi bersama untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

Apakah hasilnya efektif ? Atau tidak efektif ?

 

Kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang lebih efektif. Siswa menjadi lebih faham tentang materi yang diberikan dikarenakan guru telah memberikan arahan kepada siswa dalam presentasi kelompok dan lebih efektif dalam penyelesaian tugas kelompok, manajemen waktu bisa terkendali dengan baik, karena pembelajaran lebih terarah dan teratur dengan penggunaan urutan sintak yang benar, menunjukkan bahwa siswa sudah faham dengan tujuan pembelajaran yang akan  dicapai.

 

Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan ?

 

Respon yang diberikan oleh Waka Kesiswaan Ibu Ristiana Ekowati, S.Pd yang kebetulan juga guru Bahasa Inggris memberikan masukan bahwa:

·      Kegiatan sudah dilakukan dengan baik.

·      Interaksi guru dan siswa sudah baik.

·      Siswa juga menunjukkan antusias belajar.

·      Keaktifan siswa juga sudah lebih kelihatan.

·      Guru sudah menggunakan teknologi dalam pembelajaran.

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

 

Faktor Keberhasilan :

Dalam kegiatan pembelajaran ini ada unsur keberhasilan yang dicapai sesuai dengan harapan untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu:

·      Motivasi siswa dalam belajar meningkat.

·      Siswa mampu menunjukkan kerjasama yang harmonis.

·      Tahapan sintak yang urut mampu membuat siswa belajar dengan senang.

·      Media pembelajaran yang menarik membuat siswa senang mengikuti pembelajaran.

·      LKPD yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

·      Penggunaan sintak PBL ( Problem Based Learning ) akan mengarahkan siswa dalam berfikir kritis, berkolaborasi, berdiskusi dan bertanggung jawab untuk mencari solusi atas masalah yang ada.

·      Sintak PBL mampu membuat siswa memecahkan masalah dengan kelompoknya untuk lebih memiliki kreativitas dalam berfikir kritis untuk menghasilkan suatu karya dan hasil belajar yang memuaskan.

 

Faktor ketidakberhasilan :

·      Beberapa siswa ada yang belum termotivasi dalam pembelajaran, khususnya dalam penyampaian kalimat Bahasa Inggris dan merasa bahwa Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang susah.

·      Beberapa kendala dari sarana prasarana yang kurang mendukung terjadi pada saat pembelajaran berlangsung, yang dapat menghambat jalannya pembelajaran.

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut ?

·      Guru membuat perencanaan dengan matang dengan menggunakan sintak secara berurutan.

·      Guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perencanaan atau perangkat yang telah dibuat.

·      Pembelajaran yang dilakukan berdampak kepada kemajuan siswa.

·      Siswa terlihat lebih aktif berdiskusi dan berkolaborasi secara bersama untuk memberikan pendapat dan masukan dalam kelompoknya.

·      Metode PBL menantang siswa mampu memecahkan masalah, mencari solusi terhadap masalah yang ada.

 

Hal tersebut merupakan pembelajaran yang luar biasa yang bisa diambil dari serangkaian keseluruhan proses untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

You May Also Like

Alternatif Aplikasi Perekam Layar untuk Membuat Video Pembelajaran

Sesudah timbulnya wabah Covid- 19 di belahan bumi, sistem pembelajaran juga mulai…

Tips dan Trik mengerjakan ujian PPPK 2021

Berikut tips dan trik mengerjakan ujian PPPK 2021 : 1. Pada soal…

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Rahasia Ulama dalam Mendidik Anak

Para ulama memiliki rahasia dalam mendidik anak-anak mereka : ١. ﺍﻻﻡ ﻓﻲ…