Dengan tempat yang berbeda, namun orang-orang yang sama, kumpul komunitas edisi kedua yang diinisiasi Dinas Kesehatan Kota Semarang kembali hadir. Bila yang pertama masih dihabiskan dengan sesi perkenalan, kali ini lebih banyak bicara tema.

Bertempat di Basilia Cafe & Dine, acara Rabu sore (20/3) itu dilaksanakan. Pembahasan kali ini lebih serius dengan tema Semarang Smart Health. Sebagai kota yang mendapatkan penghargaan Kota Sehat, dan program Semarang Smart City, Smart Health jadi sebuah harapan untuk terus menjadikan Semarang Semakin Hebat (tagline).

Smart healt

Disebutkan dalam artikel activeadvice.eu, saat ini kehidupan sehari-hari kita dipengaruhi berbagai teknologi baru. Sistem perawatan kesehatan saat ini juga telah mengakui keuntungan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

Perawatan kesehatan yang cerdas atau smart healthcare didefinisikan oleh teknologi yang mengarah pada alat diagnostik yang lebih baik, perawatan yang lebih baik untuk pasien, dan perangkat yang meningkatkan kualitas hidup bagi siapa pun dan semua orang.

Konsep kunci dari smart health termasuk layanan eHealth dan mHealth, manajemen catatan elektronik, layanan rumah pintar dan perangkat medis yang cerdas dan terhubung. Istilah mHealth adalah kependekan dari kesehatan seluler.

Semarang Smart health

Dalam hubungannya dengan Kota Cerdas atau Smart City, untuk mewujudkannya juga harus memikirkan masyarakatnya. Smart health yang coba dimasukkan dalam diskusi kami merupakan bagian dari Smart City yang sedang dikembangkan Kota Semarang.

Bila kita buka situs smartcity.semarangkota.go.id, kesehatan masuk dalam kategori Smart Society. Di sana, kita akan menemukan beragam informasi seperti kamar tersedia, data rumah sakit, data puskesmas, Ambulan Hebat dan sebagainya.

Semarang smart health yang sedang kami bicarakan sudah terlihat beberapa kerangkanya. Bahkan DinKes Kota Semarang memiliki banyak alat yang sudah terhubung teknologi, seperti aplikasi dan sebagainya.

Seperti apa Semarang smart health ini, kami pun belum mengetahui seperti apa kedepannya. Yang pasti diskusi ini sedang mencari apa yang bisa dikemas dan dihasilkan untuk menuju smart health tersebut.

Sebuah slide menarik dari akun slideshare milik Okty Nindyati yang membahas smart health cukup menarik untuk diketahui berikut ini. Semoga kamu yang nyasar di sini, sedikit membantu gambaran tentang tema ini.

Diskusi akan berlanjut diwaktu berikutnya. Mungkin pertemuan ketiga besok, kami bisa melihat lebih jelas tentang Smart Health yang coba dibawa Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam diskusi bersama komunitas.

Sebagai bloger, kami lebih melihat informasi apa yang dapat kami bantu sebarkan untuk mendapatkan feedback. Ditunggu artikel berikutnya.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap
Leave a Reply
You May Also Like

Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mempercepat Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah sistem yang mengubah makanan dan minuman dalam tubuh menjadi energi.…

50 Nama dan Jenis Pemanis Selain Gula Tebu

Mengetahui berbagai nama pemanis selain gula tebu yang umum dicantumkan pada label…

24 Manfaat Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil) untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minyak kelapa murni atau dikenal dengan nama virgin coconut oil (VCO) punya…

Cara Alami Membuat Bulu Mata Lebat, Panjang, dan Tebal

Ada cara alami yang bisa membuat bulu mata lebat, tebal, dan lebih…