Baru saja membuka lembar informasi dari labnol yang menginformasikan bahwa Google.cn telah ditutup. Benar saja, ketika saya mengunjungi blog resmi Google ada posting tertanggal 22 Maret 2010 (Wah saya telat nih..) berjudul A new approach to China : an update, yang bermaksut mengumumkan hasil diskusi dan lobi yang tidak mendapatkan hasil antara Google dengan pemerintah China.

Cerita Sebelumnya

Dikarenakan Google tidak terima atas perlakuan sekelompok orang yang diduga suruhan pemerintah China yang membobol akun Gmail para aktivis hak asasi manusia di China. Akhirnya atas pemicu tersebut, Google tidak mau lagi menaati peraturan pemerintah China yaitu mensensor hasil pencarian yang berbau politik, dan perlawanan terhadap pemerintah China dan Google pun mengancam hengkang dari China.

Pemerintah China pun mengambil sikap yang tegas yaitu tetap pada pendiriannya, bagi yang tidak ikut aturan main di China silahkan mundur dengan kata lain keluar dari Daratan China.

Hasilnya

Google.cn pada tanggal 22 Maret 2010 menutup layanannya di China, dan mengalihkannya ke Google.com.hk (Google Hongkong) namun pengguna Google di Daratan China bebas mengakses Google.com.hk dengan bahasa China tradisional yang tanpa sensor. Google sekarang nampaknya cukup berhati-hati dengan pemerintah China, salah satunya dengan membuat website yang memonitor layanan yang telah diblok dan masih dapat di akses di China.

Leave a Reply
You May Also Like

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Pertanyaan seputar PPPK Guru 2021

Siapa saja yang dapat mendaftar pada Seleksi PPPK Guru 2021? 1. Honorer…

STRUKTUR ORGANISASI KEJAKSAAN NEGERI KOTA MAGELANG 2020

  JAKSA FUNGSIONAL: SUHARNO, S.H. SRI SUSANTI, S.H. ANA MUFLIKAH, S.H. SANDRA…

25 Cara Gunakan Peta untuk Dekorasi Rumah

Peta memberi kesan universal dan dinamis saat digunakan untuk mendekorasi rumah. Memanfaatkan…