Dunia teknologi memang merupakan dunia yang paling pesat perkembangannya di Abad ke 20, berbagai teknologi terbaru muncul mulai dari PC tanpa tombol keluaran Apple (Apple iPad), Handphone jaman sekarang yang fungsinya sudah bisa seperti komputer, di Dunia Web 2.0 bermunculan teknologi baru seperti HTML5 yang katanya bisa menyaingi Flash, dan CSS3 (Nah yang satu ini para designer harus tau). Satu lagi teknologi terbaru yang akan saya bahas di sini yaitu Playstation® Move, sebuah teknologi game keluaran Sony Playstation yang memungkinkan kita bermain game dan mengendalikan karakter di sebuah game dengan gerakan tubuh kita. Penasaran? Untuk lebih jelasnya lihat dulu video clip berikut.

PlayStation® Move ini seperti kita ketahui tidak lain adalah Stick atau Kontrol gerak yang diperuntukkan untuk konsol game PlayStation 3. Konsepnya dan cara penggunaannya yaitu menggerakkan karakter game dengan cara menggerakkan tubuh (tangan kita).

Yang kita butuh kan di sini ada 3 alat yaitu :

PlayStation® Move motion controller
Motion Controller ini adalah yang menjalankan fungsi stick utama, di sana terdapat tombol utama . Pada motion controller terdapat fungsi DualShock alias getar, teknologinya menggunakan Bluetooth wireless dan sebagai sumber energy menggunakan baterai yang dapat di charge lewat kabel usb.

PlayStation® Move sub controller
Playstation Move sub controller jika di model stick biasa maka sub controller ini menjalankan funsi arah, dan analog, sub controller ini juga terdapat sistem DualShock (Getar).

PlayStation® Eye
Seperti namanya Eye, berfungsi untuk melihat gerakan yang diberikan oleh Playstation Move Motion Controller dan menterjemahkannya menjadi gerakan yang nantinya akan menggerakkan karakter pada game.

Bicara soal stick Playstation Move ini pasti kita akan bertanya-tanya, apakah semua game dapat digerakkan dengan menggunakan Playstation Move ini? Bagaimana dengan game winning? atau game-game lainnya yang menggunakan kaki?

Di Website resmi PlayStation ada 9 game yang sudah mendukung Playstation Move di antaranya :
# Move Party (working title)
# Motion Fighter (working title)
# Sports Champions™
# The Shoot (working title)
# TV Superstars™
# Brunswick® Pro Bowling
# SOCOM 4: U.S. Navy SEALs
# EyePet™
# Disney•Pixar Toy Story 3

Untuk penggemar game-game lainnya harap sabar ya 🙂 lagian PlayStation Move ini baru akan di jual resmi ke pasar akhir 2010 nanti. :p

Leave a Reply
You May Also Like

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Pertanyaan seputar PPPK Guru 2021

Siapa saja yang dapat mendaftar pada Seleksi PPPK Guru 2021? 1. Honorer…

STRUKTUR ORGANISASI KEJAKSAAN NEGERI KOTA MAGELANG 2020

  JAKSA FUNGSIONAL: SUHARNO, S.H. SRI SUSANTI, S.H. ANA MUFLIKAH, S.H. SANDRA…

25 Cara Gunakan Peta untuk Dekorasi Rumah

Peta memberi kesan universal dan dinamis saat digunakan untuk mendekorasi rumah. Memanfaatkan…