Mengenal Transportasi Online di Indonesia

Artikel ini menyuguhkan beberapa Peluang Kerja di dunia Transportasi yang saat ini didominasi oleh aplikasi transport berbasis teknologi atau yang lebih kita kenal dengan nama mode Transportasi Online.

Pengertian Transportasi

Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk di sana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya serta memiliki tingkat kecelakaan yang relatif lebih rendah daripada transportasi darat dan air.

Transportasi berbasis Teknologi
Transportasi masa kini didominasi oleh mode berbasis teknologi. Bisa kita saksikan bersama bagaimana ojek pangkalan kebanyakan mulai bergabung dengan ojek online seperti go-jek, grab bike, uber.
Adanya aplikasi seperti grab car yang memaksa perusahaan taksi besar seperti blue bird segera merilis dan memperbarui versi online dengan fitur yang tidak kalah dengan moda transportasi berbasis teknologi tersebut.
Serbuan dari aplikasi transportasi berbasis teknologi menjadikan trend baru dikalangan pekerja kantoran bermobil, ada yang nge-grab setelah jam kerja mereka, adapula yang memutuskan keluar dari tempat kerja/resign karena menganggap bahwa penghasilan dari grab car lebih besar dari penghasilan bulanan sebagai karyawan. Hal ini tentunya berdampak besar bagi angkutan mode lama seperti angkot dan berubahnya kebiasaan transportasi karyawan kantoran atau pabrik.
Daftar Transportasi berbasis Teknologi yang paling populer di Indonesia
1. GO-JEK

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan GO-JEK merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.[2][3] Saat ini, GO-JEK telah tersedia di 50 kota di Indonesia.[1] Hingga bulan Juni 2016, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android.[4] Saat ini juga ada untuk iOS, di App Store. Go-jek Juga menyediakan layanan pembayaran digital yaitu Go-pay, Layanan Go Jek juga memenuhi kebutuhan setiap hari, Saat ini Go-jek sedang Terus melakukan Ekspansi ke Negara – Negara di Asia Tenggara, dan kini sudah ada di Thailand dan Vietnam kabarnya Gojek akan merilis di Singapura dan Flipina selanjutnya.
2. Grab

Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang – dan pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Grab yakin bahwa setiap masyarakat di Asia Tenggara harus mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital, dan perusahaan memberikan akses untuk layanan transportasi yang aman dan terjangkau, layanan pesan antar makanan dan pengiriman barang, serta layanan pembayaran mobile dan finansial.
3. Uber
source : tribunnews.com
Uber adalah perusahaan rintisan dan perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, California, yang menciptakan aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan.[1] Perusahaan ini mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia.[2] Mobil dapat dipesan dengan mengirim pesan teks atau memakai aplikasi bergerak khusus—pilihan terakhir juga bisa digunakan untuk melacak lokasi mobil pesanan pengguna.[3]
4. ANTERIN

source : linkedin.com
ANTERIN merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang membuat aplikasi mobile untuk menyediakan jasa angkutan ojek motor, transportasi mobil, on-demand kurir serta truk. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2016 di Jakarta oleh Imron Hamzah dan Rachmat Efendi.
Berbeda dengan layanan aplikasi lain yang sudah ada, Anterin menggunakan sistem lelang dimana customer dapat memilih layanan Anterin berdasarkan driver (pria/wanita), jenis kendaraan serta berdasarkan harga terbaik.
Layanan ANTERIN saat ini baru tersedia di beberapa kota besar di Indonesia diantaranya : Jabodetabek, Bandung, dan Yogyakarta. Aplikasi ANTERIN dapat diunduh di Google Play pada sistem operasi Android.[1].
5. BajaiApp

source : dailysocial.id
Evolusi dunia teknologi dan digital telah menghadirkan beragam inovasi di tengah masyarakat dan yang terbaru, dari sektor transportasi, ada BajaiApp. Pada 7 Oktober 2018 aplikasi pemesanan Bajaj secara online berbasis mobile tersebut diresmikan di Waduk Pluit dengan dukungan dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.
Saat ini, BajaiApp baru tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android yang dapat diunduh melalui Google Play. Ketersediaan di perangkat iOS masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.
6. TRANS-JEK

source : trans-jek.blogspot.com
TRANS-JEK adalah perusahaan baru yang percaya bahwa keuntungan bisnis dan dampak sosial dapat dicapai bersamaan. TRANS-JEK didirikan dengan kepercayaan bahwa ojek merupakan sarana transportasi penting bagi warga Jakarta yang setiap hari menjadi korban kemacetan.
Menurut kami profesi ojek patut ditingkatkan menjadi layanan profesional yang dapat diakses secara mudah. Dengan bantuan teknologi dan call center yang profesional, TRANS-JEK berencana untuk terus mengembangkan layanan nilai tambah seperti Instant Courier dan Shopping & Delivery.
Filsafat bisnis kami adalah menempatkan pelanggan sebagai titik tumpu pertumbuhan usaha kami. Kami selalu memberi pelanggan kami kesempatan untuk membangun bisnis TRANS-JEK melalui “TRANS-JEK Rider” membership. TRANS-JEK Rider dapat memberikan saran-saran peningkatan layanan, gagasan layanan baru, dan ide ide kreatif lainnya. Aspirasi kami adalah menjadikan TRANS-JEK pendamping utama warga Jakarta dalam menghadapi kemacetan.
7. Wheel Line

source : marketing.co.id
source : techinasia.com
Wheel Line, Startup Transportasi Jakarta Berkonsep Personal Courier, akses di : WheellineJakarta.com
Wheel Line adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi, logistik, dan shopping & delivery dengan armada Honda Scoopy atau lebih tepatnya dengan Jasa Personal Courier. Wheel Line resmi beroperasi pada tanggal 5 Januari 2012. Chris Wibawa selaku founder Wheel Line, mengatakan bahwa awal memulai usaha ini karena ia mengaku belum menemukan layanan kurir terpercaya di bisnis wine yang dimilikinya.
Usaha masyarakat yang berbeda-beda juga telah memotivasi Wheel Line untuk memberikan fasilitas bervariasi yang disesuaikan dengan barang yang akan diangkut dan tentu saja fasilitas tersebut menjadi keunggulan Wheel Line dibandingkan dengan startup transportasi yang lainnya. Berikut keunggulan yang dimiliki oleh Wheel Line
  • Sistem Plasma Cluster (Ojek)
  • Delivery Box Motor
  • BoxCooler Box
  • Ransel Wheel Line
  • Adanya sistem argo
  • Member Card ( Dengan keuntungan Diskon 20% bagi pelanggan yang memilikinya)
  • Hanya Bayar Ongkos Kirim Untuk Jasa Pembelanjaan Barang
​Startup transportasi Wheel Line bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana cara memulai hidup praktis dalam menghadapi macetnya di jalan,  terutama di daerah ibukota Jakarta dan sekitarnya. Tentunya dengan menyediakan jasa layanan yang aman, nyaman, efisien, dan terpercaya sehingga Anda dapat dengan tenang menyerahkan tugas dan aktivitasnya kepada Personal Kurir Wheel Line.
Yang menambah keunikan Wheel Line adalah, bukan hanya sekedar menyediakan jasa ojek dan kurir serta belanja saja. Tapi Wheel Line juga menyediakan jasa pembelian tiket film di bioskop, pengantaran faktur dan rencananya dalam waktu dekat Wheel Line akan menambah inovasi dari jasa mereka.
8. OJESY

source : ayoaction.com
Ojek Syari Indonesia didirikan pada tanggal 10 Maret 2015 oleh Evilita Adriani dan Reza Zamir dengan nama Ojek Syar’i Surabaya.
Pada tanggal 8 Agustus 2015 Agus Edi S bergabung dan berubah menjadi OJESY dengan legalitas PT. OJEK SYARI INDONESIA disahkan akta Notaris WIEDHA RESTYA RACHMAYANI,S.H.,M.Kn. Nomor 01 dengan mulai mengembangkan layanan ke 19 kota di Indonesia :
Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik, Madiun, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat
Tahun 2016 Layanan OJESY bertambah di 6 kota : Makassar, Purbalingga, Purwokerto, Banjarnegara, Bojonegoro, Cilacap

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi

https://id.wikipedia.org/wiki/GO-JEK

https://id.wikipedia.org/wiki/Grab_(aplikasi)
https://id.wikipedia.org/wiki/Uber_(perusahaan)
https://id.wikipedia.org/wiki/Anterin.id
https://dailysocial.id/post/aplikasi-pemesanan-bajaj-online-bajaiapp-resmi-diperkenalkan-ke-publik)
http://trans-jek.blogspot.com/p/about-us.html
https://www.maxmanroe.com/wheel-line-startup-transportasi-jakarta-berkonsep-personal-courier.html
http://www.ojeksyari.com/tribunnews.com

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Stories
7 Ide Manfaatkan Mobil Bekas jadi Pot Bunga