Mengenal dan Memahami ISO TS 29001 untuk Migas

Apa itu ISO/TS 29001?
Pengertian ISO / TS 29001
ISO 29001 adalah standar internasional mengenai Sistem Manajemen Mutu atau Quality Management System yang mendefinisikan : desain, pengembangan, produksi, instalasi dan layanan produk untuk industri minyak, petrokimia dan gas alam.
Ruang Lingkup / Scope
ISO 29001 secara khusus berfokus pada rantai pasokan minyak dan gas
Standar ini diperuntukkan kepada semua organisasi yang bekerja di dalam rantai pasokan atau supply chain pada industri minyak dan gas. Sertifikasi ISO/TS 29001 memastikan Standardisasi dan perbaikan dalam sektor.
Sasaran ISO / TS 29001
Standar ini dapat diimplementasikan untuk :
§  semua organisasi yang berada di dalam rantai pasokan industri minyak dan gas, yaitu yang terlibat dalam : eksplorasi, produksi, saluran pipa, transportasi, dan pemurnian produk minyak bumi dan gas alam.
§  Organisasi yang terlibat dalam desain, pembuatan, instalasi, layanan, pembelian dan perbaikan peralatan, material atau Bahan industri yang digunakan dalam eksplorasi, produksi, transportasi, dan pemurnian produk minyak dan gas alam.
§  Organisasi yang menyediakan layanan teknis, operasional, dan dukungan untuk berbagai sektor industri terkait minyak dan gas.
§  organisasi untuk melakukan audit pihak kedua dari pemasok atau supplier atau untuk tujuan sertifikasi pihak ketiga.
Sejarah ISO/TS 29001                                                   
ISO 29001 pertama kali dipublikasikan pada tahun 2003, pembentukan standard ini adalah hasil kolaborasi antara lembaga ISO dan lembaga Internasional untuk industri minyak dan gas yang dipimpin oleh American Petroleum Institute – API.
Standar ISO 29001 didasarkan pada ISO 9001 dengan menggabungkan persyaratan tambahan yang menekankan pada pencegahan defect atau cacat dan pengurangan limbah dari penyedia layanan.
Manfaat ISO/TS 29001
Berikut berbagai manfaat untuk perusahaan yang sudah menerapkan dan tersertifikasi ISO / TS 29001 :
§  Perusahaan memperoleh lisensi untuk pengakuan bisnis atau perdagangan maupun  meningkatkan kontrak dan prospek.
§  Perusahaan mampu menunjukkan komitmen untuk praktik terbaik dalam industri kepada para Stakeholder atau pemangku kepentingan.
§  Memperbaiki dan meningkatkan cara perusahaan mengelola risiko sehingga dapat meningkatkan kinerja.
§  Mengefektifkan atau menyederhanakan atau merampingkan operasi perusahaan untuk meningkatkan kualitas dan mengurangi pemborosan seperti limbah.
§  Komunikasi yang lebih baik dan penilaian yang dilakukan secara teratur akan mengarah pada aktivitas perbaikan secara terus-menerus.
Sumber :
http://www.lrqa.co.uk/standards-and-schemes/iso-29001/
Berbagai Logo ISO/TS 29001 :

sumber : 3mconsulting.co.in
sumber : certification-requirements.com
sumber : indiamart.com
sumber : isocertificate.info
sumber : itunes.apple.com
sumber : qecs.co.in

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Stories
350 + Kode Warna HTML – CSS Lengkap dan Cara Menggunakannya