Revitalisasi Kota Lama yang telah berlangsung, hari ini rasanya membuahkan pemandangan yang elok. Kami tidak percaya bahwa kawasan ini begitu keren. Orang-orang begitu menikmati tanpa ragu ditengah kerumunan orang yang juga sedang pamer dengan kamera mereka.

Akhir pekan, 1 Juni 2019. Jalanan utama sore itu sudah macet. Para milenial lalu-lalang tanpa henti. Dua perempuan muda terlihat tampak menikmati, satunya yang mengambil foto. Dan satunya berpose layaknya model iklan.

Saat datang dengan tujuan melihat seperti apa Kota Lama menyambut lebaran, kami baru sadar bahwa beberapa tempat ngopi sudah datang yang baru lagi. Bukan satu, tapi dua.

Pasar klitikan yang menawarkan barang-barang antik juga sudah tidak ada di tempat biasanya. Semua pedagang menempati tempat baru yang berada di belakang Gereja Blenduk.

lokasi pedagang klitikan yang dulu

Saat mengitari taman Srigunting, kami berhenti sejenak. Menyapa seseorang yang mencari nafkah dengan menjadi patung batu. Seminggu ini, kawasan Kota Lama benar-benar padat. Maka tak heran saat ia ditanya pendapatannya, ia tersenyum bahagia.

Menikmati pertunjukkan musik

Rencananya kami tidak begitu lama untuk menikmati sore di Kota Lama. Kami ingin langsung dapat menjelajahi semua area dan melihat proses perkembangannya.

Namun, langkah kami berhenti di depan Gedung Jiwasraya. Sebuah pertunjukkan musik yang rupanya untuk memperingati Hari Lahirnya Pancasila sedang dilangsungkan di sana.

Lalu, kami membayangkan bahwa pertunjukkan musik seperti mereka ini dapat terus dilanjutkan seperti negara tetangga yang pernah kami tonton videonya via Youtube. Di sana para musisi bermain di area kosong yang menjadi destinasi wisata.

Bukankah itu keren. Apalagi saat ada aktor Hollywood menonton pertunjukkan tersebut, kami pikir Kota Lama yang arahnya ingin diakui dunia, tidak kalah keren.

Lebaran sebentar lagi. Kota lama terus berbenah diri. Tinggal sedikit lagi pengerjaannya, maka kami sangat senang. Kami harap setelah lebaran, rencana pembatasan kendaraan masuk kawasan Kota Lama bisa terealisasi.

Menarik, bukan? Melihat pemandangan orang-orang berjalan kaki di kawasan Kota Lama. Ada yang naik becak, bersepeda dan pokoknya tanpa hilir mudik kendaraan. Tapi, entah kapan?

Dari arah taman bubaan
Gedung Spigel
jalanan dari gedung Yayasan Kanisius

Tempat ngopi

 Pedagang Klitikan sekarang pindah ke sini di Galeri Industri Kreatif (GIS)
 Covarage, tempat ngopi baru lagi
 ATM Bank Jateng ini berada di bealakang Gereja Blenduk
Foto kali ini ditampilkan tanpa filter. Diambil dengan Zenfone Max Pro M2

..

Kamu yang belum sempat melihat perubahan Kota Lama Semarang, atau sedang merindu tapi jauh, semoga dengan artikel ini bisa sedikit mengobati.

Era informasi ini memang begitu mudah untuk dicari. Ke sinilah bila sempat kembali untuk pergi dan menikmati.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap
Leave a Reply
You May Also Like

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Pertanyaan seputar PPPK Guru 2021

Siapa saja yang dapat mendaftar pada Seleksi PPPK Guru 2021? 1. Honorer…

STRUKTUR ORGANISASI KEJAKSAAN NEGERI KOTA MAGELANG 2020

  JAKSA FUNGSIONAL: SUHARNO, S.H. SRI SUSANTI, S.H. ANA MUFLIKAH, S.H. SANDRA…

Pendaftaran Diklat Peningkatan Kompetensi Guru SMK Moda Daring BBPPMPV BMTI Tahun 2021

Informasi menarik bagi anda yang berprofesi sebagai guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),…