IDC Duren Tiga Mengalami Gangguan Listrik, Beberapa ISP dan Situs Down

Internet Data Center (IDC) Duren Tiga, beberapa ISP dan Situs tidak dapat diakses. Beberapa diantara ISP dan Situs yang kena dampak adalah : PT Palapamedia Indonesia, situs idc.co.id, situs dream.co.id, dan situs lain yang meletakkan data center di IDC Duren Tiga.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.00, Sabtu 06 Oktober 2018. Internet kami yang memang jalur utama dan servernya menggunakan ISP Palapamedia down, segera kami arahkan data center kami menggunkan ISP backup maxindo. Dan saat itu juga kami kontak langsung technical support Palapamedia, dan mendapatkan kabar bahwa tidak ada masalah pada link palapamedia masalahnya ada pada IDC Duren tiga yang dikabarkan ada masalah kelistrikan.

Kejadian ini kita ketahui bersama pernah terjadi pada tahun 2012, dimana UPS IDC Duren tiga terbakar, dan pihak IDC berjanji kejadian ini tidak terulang kembali. Namun fakta mengatakan kejadian ini terulang kembali.

Jam 17.00 kami coba menelpon kembali ke PT Palapamedia, dan kabar baik belum kunjung datang. Informasinya beberapa datacenter sudah bisa up, tapi beberapa masih down. saya tidak puas, saya cari nomer telpon IDC di Google. Yup dapat. 021-7987982. Saya coba buka webnya ups tidak dapat diakses.

17:50 saya telpon contact center IDC, ternyata IDC mengakui sumber masalahnya ada di PLN dan yang menopang kelistrikan di IDC Duren Tiga hanya genset sehingga baru beberapa rack dan jalur yang bisa up.

Semoga IDC dapat terus belajar menjadi lebih baik dengan adanya kejadian-kejadian ini. Karena masalah uptime dan reliability menunjukkan kualitas sebuah layanan internet.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More Stories
Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa