Zaman milenial ini, ada banyak cara untuk mendapatkan uang lewat internet.

Dengan potensi dari negara Indonesia yang sangat banyak pengguna internetnya, hal ini menjadikan ladang pengeruk uang lewat dunia maya ini menjadi semakin menjanjikan. Dibuktikan dengan data yang dirilis dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) bahwa populasi  penduduk Indonesia yang mencapai 262 juta jiwa, ternyata memiliki pengguna yang telah terhubung dengan jaringan internet sebanyak lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta penduduk di tahun 2017.

Pengguna internet masa kini tidak hanya butuh untuk melakukan komunikasi seperti : chatting, voice call (telepon via internet), namun juga keperluan lainnya seperti pembelian barang, pemesanan transportasi, promosi bisnis dan banyak lainnya.

Berikut ini kami paparkan beberapa peluang bisnis melalui media internet masa kini :

1. Jual beli barang

Situs jual beli barang secara online sudah banyak dan merebak, seperti berikut :

tokopedia

bukalapak

blibli

shopee

Berbagai toko online tersebut diatas memberikan fitur untuk kita mendaftarkan diri agar bisa berjualan secara online dengan segala macam produk, baik mulai dari pakaian / fashion, barang elektronik, mainan, alat rumah tangga, makanan minuman, buku dan alat sekolah, dan masih banyak lainnya.
Peluang pertama adalah kita bisa menjual produk yang kita miliki dirumah kita sendiri ataupun menjual produk milik orang lain melalui situs-situs tersebut sebagai reseller, umumnya disana ada fitur sebagai reseller maupun dropship.

Situs jual beli juga menawarkan pembelian tiket pesawat, kereta, pulsa, paket data, pembayaran BPJS, listrik PLN, Telkom, tiket konser, bioskop, TV Kabel, Gas PGN, bahkan untuk donasi.
Peluang kedua yang bisa diambil adalah menjadi agen pembelian tiket, pembayaran rekening dan lainnya sebagai toko online.

Peluang ketiga, kita bisa menggabungkan beberapa situs tersebut sebagai rantai bisnis di toko kita.
Misalkan kita ambil gambar dan identitas jualan di tokopedia kemudian kita jual di bukalapak. Menarik bukan?

Ada lagi situs jual beli yakni olx , namun situs ini hanya melayani jual beli saja seperti : properti, kendaraan, elektronik dan lainnya.

2. Afiliasi

Afiliasi adalah program kerjasama yang dibuat oleh situs tertentu dan kita akan mendapatkan bagi hasil jika mengikutinya. Kita hanya perlu menawarkan produk afiliasi tersebut dan kemudian hasil jualannya bisa dibagi kepada kita selaku promotor berupa komisi dan besarnya sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.
Contohnya :

  • Niagahoster, dengan produk berupa layanan hosting khususnya wordpress. Cara kerjanya : kita bisa membagikan link refferal atau kode promo dari afiliasi tersebut dan kita akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian hosting Indonesia baru melalui link refferal.
  • Hostinger, web hosting yang menawarkan afiliasi dengan komisi hingga 60% di tiap penjualan.
  • Dewaweb, web hosting yang menawarkan afiliasi dengan komisi 20% dan komisi langsung 100 ribu rupiah.

2. Youtuber (pembuat konten YouTube)

Youtuber adalah profesi sebagai pengunggah konten dan video tutorial di YouTube, profesi ini sangat populer karena terbukti banyak youtuber sukses dengan penghasilan dari iklan yang tayang di chanel youtube mereka hingga milyaran rupiah per bulan.
Kini banyak bertebaran grup-grup facebook mengenai komunitas Youtuber yang memang menjadi profesi sangat menjanjikan dewasa ini.
KIta bisa membuat chanel di website youtube, caranya dengan mendaftarkan diri dulu di web youtube, upload video, penonton berdatangan hingga subscribe video dan daftar program google adsense. Setelah video kita ditonton dengan jumlah tertentu termasuk iklan yang menyertainya, maka kita akan memperoleh pendapatan dari youtube (google adsense partner).

4. Blogger (pembuat website atau blog)

Hampir sama dengan youtuber adalah blogger. Bedanya, blogger adalah pembuat konten artikel.
Pendapatan blogger pun bisa milyaran rupiah per bulan, jika traffic pengunjung yang melihat atau yang klik iklan sudah mencapai jumlah tertentu.
Kita bisa menjadi blogger dengan cara mendaftarkan diri ke situs penyedia blog gratis seperti https://www.blogger.com/ atau https://id.wordpress.com/, ataupun blog berbayar dengan domain seperti “.com”, “.id”,”.net”.

Leave a Reply
You May Also Like

Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK

Subject Pembinaan dan Penjelasan terhadap Siswa “ISTIMEWA” Mapel PJOK Time Tuesday, July…

Pertanyaan seputar PPPK Guru 2021

Siapa saja yang dapat mendaftar pada Seleksi PPPK Guru 2021? 1. Honorer…

STRUKTUR ORGANISASI KEJAKSAAN NEGERI KOTA MAGELANG 2020

  JAKSA FUNGSIONAL: SUHARNO, S.H. SRI SUSANTI, S.H. ANA MUFLIKAH, S.H. SANDRA…

Kegalauan Seorang Kartini terhadap Islam sebagai Agama dan Keyakinannya!

Minazh Zhulumaati ilan Nuur Dari Gelap menjadi Terang DALAM suratnya kepada Stella…